Khalil Gibran


Beranjangsana ke Kediaman Khalil Gibran

Liputan6.com, Bsharri: Bagi kalangan sastrawan maupun penikmat sastra, nama Khalil Gibran memang tak asing didengar. Pujangga asal Timur Tengah ini banyak menghasilkan buah karya yang hingga kini tak lekang digerus zaman. Terutama kumpulan syair maupun puisi, seperti Sang Nabi, yang telah diterjemahkan dalam banyak bahasa. Tak hanya sebagai pujangga. Semasa hidupnya, Gibran juga dikenal sebagai sastrawan, filsuf, dan pelukis [baca: Karya Gibran Selalu Hidup].

Belum lama ini reporter SCTV Mahartansyah Laksamana mengunjungi desa kelahiran Khalil Gibran di Desa Bitsari, Bsharri, Lebanon. Sang pujangga itu memang dilahirkan di desa tersebut pada 6 Januari 1883. Gibran wafat di New York, Amerika Serikat, 10 April 1931. Jenazahnya kemudian dibawa ke desa kelahirannya dan dikebumikan di sebuah bukit.

Dan sekarang pengunjung dapat melihat rumah kelahiran Gibran di Desa Bitsari. Kuburan Gibran yang ditempatkan di dalam sebuah ruangan di sebuah bukit itu juga dapat dilihat. Di sana tersimpan pula barang-barang peninggalan Gibran yang tampak terawat baik. Ada kursi, alat masak, dan tempat tidur yang pernah dipergunakan sang pujangga. Barang pribadi Gibran juga dipamerkan. Di atas tempat tidur ada pahatan wajah Khalil Gibran.(ANS/Mahartansyah Laksamana)






Khalil GibranPhotobucketSamBil NGayal Di Pojokan...

0 -Yukz Coment-: